Yg Perlu Engkau Ketahui Tentang Broker Properti

sewa service office jakarta – Menggunakan jasa agen properti atau broker akn sangat memudahkan Sampean dalam menjual rumah. Anda ngga perlu repot berhubungan langsung dengan calon pembeli.

harga sewa meeting room jakarta – Akan tetapi, sebelum bekerja sama dgn agen properti, ada hal-hal yg perlu Sampean ketahui sebelumnya. Hal ini terutama menyangkut biaya yg akan Sampean bayarkan & macam perjanjiannya.

Berikut ini kita paparkan :

Tipe Perjanjian
Ada dua tipe perjanjian yg biasanya digunakan oleh agen properti. Tipe terbuka (open listing) dan terikat.

Open listing artinya Nte membuka kesempatan bagi beberapa agen properti untuk menjual rumah Anda. Sedangkan perjanjian terikat cuma pada satu agen saja.

Lama Kerja Sama Berlaku
Pada umumnya kerja sama berlangsung selama tiga bulan atau sesuai dgn kesepakatan. Bila dlm tiga bulan properti yang Lw jual belom laku, Lw bisa memperpanjangnya. Lama perpanjangannya akan dibicarakan lagi sesuai dengan kesepakatan Anda.

Terjual Bukan Melalui Agen
Hal ini adalah yg sangat penting tercantum di kontrak kerja Anda. Bila bangunan Anda laku namun ngga melalui agen, ada beberapa agen yg tetap menagihkan komisinya kepada Anda. Akn tetapi, hal ini bisa Lw hindari dengan kontrak yg jelas pada kedua belah pihak.

Komisi
Komisi utk agen properti berkisar antara 2 – 3% dari biaya jual rumah. Akan tetapi, besaran ini gak selalu sama antara satu agen dgn agen yg lain. Lw bisa menegosiasikannya dengan agen yang Sampean temui.

Menentukan Harga
Agen properti yang akn Engkau sewa tentu akan menafsir harga hunian Anda. Akan tetapi, sebelum dia memberi tafsiran harganya, sebaiknya Engkau telah mencari tahu harga hunian Engkau di pasaran. Untuk mengetahui cara menafsirnya, Kamu bisa melihat di sini. Besar harga yg Kamu sepakati dengan broker jg akn mempengaruhi komisi yg ia dapatkan.

Tinggalkan komentar